BeritaInternasionalWilayah

Inovasi Keamanan di LAPAS Sragen: Penggunaan Senjata Api Jenis Less Lethal

46
×

Inovasi Keamanan di LAPAS Sragen: Penggunaan Senjata Api Jenis Less Lethal

Share this article

SEMARANG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sragen, menerima tambahan senjata Less Lethal dari Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Tengah, Selasa (05/03).

Penyerahan senjata api tersebut dilaksanakan di ruangan IPKEMINDO Kantor Wilayah Jawa Tengah. Pemberian senjata Less Lethal ini merupakan bagian dari upaya peningkatan keamanan di dalam Lapas Sragen. Senjata yang diterima mencakup tiga pistol Less Lethal beserta kelengkapan amunisi dan surat izin penggunaan.

Sebagaimana terdapat dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 pasal 72 menerangkan bahwa dalam melaksanakan penyelenggaraan Pengamanan, Petugas Pemasyarakatan dilengkapi dengan senjata api serta sarana dan prasarana Pengamanan lainnya yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pengambilan senjata ini di kantor wilayah dilaksanakan secara bersama. Tujuh Unit pelaksana teknis yang menerima senjata ini masing masing mengirimkan satu personil untuk menerima dan mengawal senjata tersebut dari Kantor Wilayah sampai ke Lapas dengan Aman.