Berita

Berkah Natal 2023, 18 Warga Binaan Lapas Sragen Terima Remisi

34
×

Berkah Natal 2023, 18 Warga Binaan Lapas Sragen Terima Remisi

Share this article

Sebanyak 18 narapidana atau napi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sragen mendapat remisi khusus Natal 2023. Dari ratusan napi di Jateng yang mendapat pengurangan hukuman itu, paling banyak merupakan napi kasus narkotika dan obat berbahaya (narkoba).

Besaran remisi yang diberikan juga sama seperti remisi khusus lainnya yang diberikan tiap tahun, antara lain 15 hari hingga dua bulan, berdasarkan lama waktu menjalani pidananya.

Kepala Lapas Sragen, Bapak Tunggul Buwono, melalui Kepala Seksie Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) mengungkapkan bahwa remisi ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan dukungan dari pemerintah kepada warga binaan yang sedang menjalani hukuman. “Kami sangat bahagia dapat memberikan remisi ini kepada 18 warga binaan kami yang telah menunjukkan perubahan positif dan kedisiplinan selama menjalani masa tahanan. Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi mereka untuk terus memperbaiki diri dan kembali ke masyarakat sebagai pribadi yang lebih baik,” ujar Bapak David Saptoaji Putra.

Pemberian remisi ini juga merupakan bentuk dukungan dari Lapas Sragen dalam memperingati Natal yang diperingati oleh umat Kristiani di seluruh dunia. Dengan memberikan remisi, Lapas Sragen juga memberikan kesempatan bagi warga binaan untuk merayakan dan menghargai momen Natal dengan keluarga dan orang-orang terdekat melalui kunjungan khusus Hari Raya Natal.

Selain itu, David juga menegaskan bahwa remisi ini tidak diberikan secara sembarangan. Ada proses evaluasi yang dilakukan oleh tim yang ditunjuk untuk menilai perilaku dan kedisiplinan para warga binaan. “Kami melakukan proses evaluasi yang ketat untuk memastikan bahwa warga binaan yang mendapatkan remisi benar-benar layak dan pantas menerimanya. Ini merupakan bentuk tanggung jawab kami sebagai lembaga pemasyarakatan,” tambahnya.

Para warga binaan yang menerima remisi ini juga merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Lapas Sragen atas kesempatan yang diberikan. Mereka berjanji akan menjaga perilaku dan kedisiplinan yang baik agar bisa kembali ke masyarakat sebagai pribadi yang berguna.

Semoga dengan adanya pemberian remisi ini, para warga binaan di Lapas Sragen dapat merasakan berkah Natal yang sejati dan menjadi motivasi untuk kembali ke kehidupan yang lebih baik di masa depan. Selamat Natal bagi semua umat Kristiani di seluruh dunia, semoga kedamaian dan kebahagiaan senantiasa menyertai kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *