Tak Berkategori

Lapas Sragen Luncurkan Inovasi Alarm Darurat untuk Meminimalisir Gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas

15
×

Lapas Sragen Luncurkan Inovasi Alarm Darurat untuk Meminimalisir Gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas

Share this article

Gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi di dalam Lapas dapat menjadi masalah serius yang harus segera diatasi. Dengan meningkatnya jumlah warga binaan di Lapas Sragen, pihak   Lapas berinovasi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban yang dapat membahayakan keselamatan warga binaan maupun petugas. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan memasang alarm darurat di setiap Blok Huniandi dalam Lapas.

Inovasi alarm darurat ini merupakan hasil deteksi dini dari pihak KPLP terkait keamanan didalam Lapas. Alarm darurat ini terhubung dengan sistem keamanan yang terpasang di Ruang Karupam. Ketika terjadi keadaan darurat seperti kerusuhan, kebakaran, atau bencana alam, petugas dapat langsung mengaktifkan alarm ini untuk memberikan peringatan kepada seluruh warga binaan dan petugas yang berada di dalam Lapas.

Selain itu, alarm darurat ini juga dilengkapi dengan siren yang akan berbunyi secara bersamaan dengan adanya lampu yang berkedip-kedip. Dengan bunyi siren dan lampu yang menyala, diharapkan warga binaan dan petugas dapat segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindari bahaya yang mengancam.

Inovasi ini juga dilengkapi dengan panel kontrol yang terhubung langsung dengan pos jaga. Jika terjadi keadaan darurat, petugas di pos jaga dapat memantau dan mengetahui lokasi alarm yang diaktifkan sehingga dapat segera memberikan respon yang cepat dan tepat.

Menurut Kepala Lapas Sragen, Bapak Tunggul Buwono, inovasi ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan keamanan di dalam Lapas. “Dengan adanya alarm darurat ini, kami berharap dapat meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi di dalam Lapas. Kami juga terus berupaya untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi warga binaan sehingga mereka dapat menjalani hukuman dengan baik,” ujarnya.

Inovasi alarm darurat ini telah diresmikan dan dioperasikan sejak tanggal 23 November  2023. Pihak   Lapas juga telah mengadakan sosialisasi kepada seluruh warga binaan dan petugas mengenai cara penggunaan dan fungsi dari alarm darurat ini. Diharapkan dengan adanya inovasi ini, keamanan di dalam Lapas dapat lebih terjamin dan gangguan keamanan dan ketertiban dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *