Tak Berkategori

KPU Kabupaten Sragen Koordinasi ke Lapas Sragen Bahas Partisipasi Pemilihan Bagi Warga Binaan

28
×

KPU Kabupaten Sragen Koordinasi ke Lapas Sragen Bahas Partisipasi Pemilihan Bagi Warga Binaan

Share this article

KPU Kabupaten Sragen mengadakan pertemuan dengan pihak Lapas Sragen pada hari Selasa (14/11/2023). Pertemuan ini membahas tentang partisipasi pemilih di Kabupaten Sragen khususnya bagi Warga Binaan Lapas Sragen. Kegiatan ini dianggap penting mengingat akan adanya Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Sragen, sementara pihak Lapas Sragen diwakili oleh Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Lapas Sragen, David Saptoaji Puta. Kehadiran kedua belah pihak ini menunjukkan keseriusan dalam menghadapi Pemilu yang akan segera dilaksanakan.

Dalam pertemuan tersebut, KPU Kabupaten Sragen menyampaikan pentingnya warga binaan berpartisipasi dalam Pemilu yang akan datang. KPU menyampaikan bahwa koordinasi dengan Lapas Kelas IIA Sragen merupakan salah satu cara untuk memelihara dan mendata daftar pemilih secara terus menerus dan berkelanjutan. Petugas KPU juga menjelaskan khusus warga binaan yang ada di dalam Lapas tidak mungkin mengurus pindah memilih, sehingga pendataan akan dilakukan berdasarkan NIK, alamat dan penanggung jawab selanjutnya KPU akan menyediakan surat suara dan TPU khusus di Lapas Kelas IIA Sragen.

Selain itu, KPU juga memberikan informasi tentang tahapan-tahapan yang akan dilakukan dalam Pemilu, seperti pendaftaran calon, kampanye, dan pemungutan suara. Hal ini diharapkan dapat memudahkan pemahaman bagi pihak Lapas Sragen dan masyarakat terkait Pemilu yang akan dilaksanakan.

Kasi Binadik menyampaikan bahwa Lapas Kelas IIA Sragen siap memenuhi hak keperdataan warga binaan dalam penyelenggaraan pemilu serta akan terus melakukan koordinasi terkait pendataan jumlah warga binaan di Lapas yang memiliki hak pilih, sehingga seluruh warga binaan yang memenuhi syarat bisa terdaftar dan dapat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Dengan adanya koordinasi antara KPU Kabupaten Sragen dan pihak Lapas Sragen, diharapkan partisipasi pemilih di wilayah Kabupaten Sragen dapat meningkat dan Pemilu yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Sragen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *